Selasa, 30 Maret 2010

Menjaga Kebugaran Fisik Sebelum Ke Tanah Suci

Jika anda sudah memutuskan untuk melakukan ibadah haji, sangatlah penting untuk menjaga dan melakukan persiapan bagi tubuh. Ada kiat-kiat yang dapat anda lakukan untuk menjaga kebugaran fisik sebelum melakukan perjalanan ke tanah suci atau melakukan ibadah haji.

1. Selama menjalankan ibadah haji dan umroh, anda harus melakukan perjalanan kaki sejauh sekian kilometer per hari. Bagi jamaah yang menggunakan jalur haji reguler, jarak pulang-pergi antara hotel atau penginapan dan kabah saja sudah relatif jauh. Untuk tawaf, anda akan menempuh jarak kurang lebih 200 meter sampai 2 kilometer, tergantung pada banyaknya kerumunan orang saat itu dan dari mana dilakukan. Lalu, jarak tempuh perjalanan Sai (Safa-Marwah) kurang lebih 3,5 kilometer.

Oleh karena itu, latihlah kaki anda berjalan sebanyak tiga kali seminggu selama satu jam akan membantu anda. Lakukan jalan cepat dalam jarak pendek sekitar satu jam sehari, kemudian tambah terus jarak latihan sampai tiba waktu keberangkatan.

Selama ibadah haji, anda sebaiknya tidak mengenakan sepatu yang terbuat dari kulit dan licin karena akan membuat kaki anda tidak nyaman dalam berjalan. Selain itu, agar kaki terbiasa pada saat berlatih berjalan kaki, anda sebaiknya menggunakan sepatu yang akan dikenakan pada saat ibadah haji.

2. Olahraga yang dimulai lebih awal akan memberikan hasil yang lebih baik. Mereka yang masih muda dapat melakukan joging dan olahraga ringan seperti bersepeda, berenang, dan aerobik.

Meski belum akan melakukan ibadah haji, kebiasaan berolahraga tetap memberikan efek kesehatan yang sangat bagus. Rasulullah SAW sering mengatakan betapa pentingnya melakukan olahraga untuk kesehatan tubuh.

3. Menutupi kepala dengan topi sebaiknya tidak dilakukan saat melaksanakan ibadah haji sekalipun sinar matahari terasa menyengat. Oleh karena itu, sebelumnya anda perlu membiasakan kepala anda terkena sinar matahari.

Sumber: Buku Kiat Sehat Berhaji dan Umroh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar